Format File Teks, Gambar, Audio, dan Video

15.50



Pasti banyak yang dapet tugas disuruh nyari format gambar, teks, audio, dan video?
Nih aku kasih, semuanya lengkap loh :D

Waduh aku dapet ini dari banyak sumber, tapi lupa lagi -__-
Kalau ada yang ngira ini postingannya, nanti aku tambahin creditnya kok :)


FORMAT FILE TEKS
  1. Rich Text Format (RTF) adalah sebuah format dokumen yang dibuat oleh Microsoft, yang dibuat berdasarkan spesifikasi Document Content Architecture (DCA) yang dibuat oleh IBM untuk System Network Architecture (SNA). Format dokumen ini, dapat digunakan untuk mentransfer dokumen teks terformat (berbasis WYSIWYG [What You See Is What You Get]) antar aplikasi, baik itu di dalam satu platform atau platform yang berbeda seperti IBM PC dan Macintosh.
  2. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas
  3. Plain Text (TXT) adalah file teks biasa yang dapat digunakan di editor teks (Notes, Kate, TextEdit).
  4. Microsoft Office XML format adalah format dokumen berbasis XML (atau XML skema) diperkenalkan pada versi Microsoft Office sebelum Office 2007. Microsoft Office XP memperkenalkan format XML yang baru untuk spreadsheet Excel menyimpan dan Office 2003 ditambahkan format berbasis XML untuk dokumen Word.
  5. Docx adalah format file standar baru untuk Microsoft Word 2007 dan mereka bahkan punya xlsx dan pptx untuk Excel 2007 dan PowerPoint 2007. Microsoft mungkin berpikir bahwa dengan membuat format default ini, semua orang benar-benar akan meng-upgrade ke versi baru Office.

FORMAT FILE GAMBAR
  1. Photoshop Format (PSD) adalah format file standar dan format saja, selain Large Document Format (PSB), yang mendukung sebagian besar fitur Photoshop. Karena integrasi ketat antara produk Adobe, Adobe aplikasi lain seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premiere, Adobe After Effects, dan Adobe GoLive langsung dapat mengimpor file PSD dan melestarikan banyak fitur Photoshop.
  2. BMP adalah format gambar standar Windows pada DOS dan komputer yang kompatibel dengan Windows. format BMP mendukung RGB, Indexed Color, Grayscale, dan mode warna Bitmap. Anda dapat menentukan baik Windows atau OS / 2 ® format dan kedalaman bit hingga 32 bit per channel untuk foto tersebut. Untuk 4-bit dan gambar 8-bit menggunakan format Windows, Anda juga dapat menentukan kompresi RLE.
  3. Graphics Interchange Format (GIF) adalah format file yang umum digunakan untuk menampilkan grafis indeks-warna dan gambar dalam Hypertext Markup Language (HTML) dokumen melalui World Wide Web dan layanan online lainnya. GIF adalah format kompresi LZW-dirancang untuk meminimalkan ukuran file dan waktu transfer elektronik. Format GIF menjaga transparansi dalam gambar terindex-warna, namun tidak mendukung alpha channels.
  4. Encapsulated PostScript (EPS) bahasa format file dapat berisi baik grafis vektor dan bitmap dan didukung oleh hampir semua grafis, ilustrasi, dan program tata letak halaman. EPS format yang digunakan untuk mentransfer karya seni PostScript antara aplikasi. Bila Anda membuka EPS file yang berisi grafik vektor, Photoshop rasterizes gambar, mengubah  
  5. DCS Photoshop 1.0 dan 2.0 format
    Desktop Color Separations (DCS) format adalah versi dari format EPS standar yang memungkinkan Anda menyimpan pemisahan warna gambar CMYK. Anda dapat menggunakan format 2,0 DCS untuk mengekspor gambar yang mengandung saluran spot. Untuk mencetak file DCS, Anda harus menggunakan printer PostScript.
  6. Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format yang umum digunakan untuk menampilkan foto-foto dan lainnya terus-nada gambar dalam bahasa hypertext markup (HTML) dokumen melalui World Wide Web dan layanan online lainnya. mendukung format JPEG CMYK, RGB, dan mode warna Grayscale, dan tidak mendukung alpha channels. Tidak seperti format GIF, JPEG mempertahankan semua informasi warna dalam sebuah gambar RGB tapi kompres ukuran file dengan selektif membuang data.
  7. Large Document Format (PSB) mendukung dokumen hingga 300.000 piksel dalam dimensi apapun. Semua fitur Photoshop, seperti lapisan, efek, dan filter, yang didukung. Anda dapat menyimpan kisaran dinamis tinggi, 32-bit-per gambar-channel sebagai file PSB. Saat ini, jika Anda menyimpan dokumen dalam format PSB, bisa dibuka hanya dalam Photoshop CS atau Photoshop CS2. Aplikasi lain dan versi sebelumnya dari Photoshop tidak bisa membuka dokumen yang disimpan dalam format PSB.
  8. PCX Format umumnya digunakan oleh komputer IBM-PC kompatibel. Sebagian besar perangkat lunak PC mendukung versi 5 format PCX. Sebuah palet warna standar VGA digunakan dengan versi 3 file, yang tidak mendukung palet warna kustom. Format PCX mendukung Bitmap, Grayscale, Indexed Color, dan mode warna RGB, dan tidak mendukung alpha channels. PCX mendukung metode kompresi RLE. Gambar dapat memiliki kedalaman bit 1, 4, 8, atau 24.
  9. Portable Document Format (PDF) adalah, fleksibel cross-platform, cross-aplikasi format file. Berdasarkan model pencitraan PostScript, PDF file akurat menampilkan dan melestarikan font, tata letak halaman, dan keduanya grafis vektor dan bitmap. Selain itu, file PDF dapat berisi pencarian dokumen elektronik dan fitur navigasi seperti link elektronik. PDF mendukung 16-bit-per gambar-saluran. Adobe Acrobat juga memiliki Touch Up alat kecil Objek untuk mengedit gambar dalam PDF. Untuk informasi lebih lanjut tentang bekerja dengan gambar di PDF, lihat Bantuan Acrobat.
  10. PICT format yang digunakan dalam grafis Mac OS dan aplikasi-layout halaman sebagai format file perantara untuk mentransfer foto antara aplikasi. Format PICT mendukung gambar RGB dengan alpha channel tunggal dan Indexed Color, Grayscale, dan gambar mode Bitmap tanpa alpha channel. format PICT ini sangat efektif untuk mengompresi gambar dengan area besar warna solid. Kompresi ini sangat besar untuk saluran alfa dengan area besar mereka putih dan hitam.
  11. Format Pixar ini dirancang khusus untuk aplikasi high-end grafis, seperti yang digunakan untuk rendering gambar tiga-dimensi dan animasi. Pixar mendukung format RGB dan gambar grayscale dengan alpha channel tunggal.
  12. The Photoshop Raw format adalah format file yang fleksibel untuk mentransfer foto antara aplikasi dan platform komputer. Format ini mendukung CMYK, RGB, dan gambar grayscale dengan saluran alpha, dan gambar multichannel dan Lab tanpa alpha channel. Dokumen yang disimpan dalam format Raw Photoshop dapat dari berbagai ukuran piksel atau file, tetapi mereka tidak dapat berisi lapisan.
  13. Tagged-Image File Format (TIFF, TIF) digunakan untuk pertukaran file antara aplikasi dan platform komputer. TIFF adalah format gambar bitmap yang fleksibel didukung oleh hampir semua cat, pengedit gambar, dan aplikasi-tata letak halaman. Juga, hampir semua scanner desktop dapat menghasilkan gambar TIFF. dokumen TIFF memiliki ukuran file maksimum 4 GB. Photoshop CS mendukung dokumen besar disimpan dalam format TIFF. Namun, sebagian besar aplikasi lain dan versi Photoshop tidak mendukung dokumen dengan ukuran file yang lebih besar dari 2 GB.
  14. The Targa (TGA) adalah format yang dirancang untuk sistem menggunakan Truevision® board video dan biasanya didukung oleh aplikasi warna MS-DOS. Targa mendukung format 16-bit gambar RGB (5 bit x saluran warna 3, ditambah satu bit tidak terpakai), 24-bit RGB gambar (8 bit x 3 channel warna), dan 32-bit RGB gambar (8 bit x saluran warna 3 plus sebuah 8-bit alpha channel). Format Targa juga mendukung diindeks-warna dan gambar grayscale tanpa alpha channel. Saat menyimpan gambar RGB dalam format ini, Anda dapat memilih kedalaman pixel dan encoding RLE pilih untuk kompres gambar.
  15. Scitex Continuous Tone (CT) adalah format yang digunakan untuk pengolahan gambar high-end pada komputer Scitex. Hubungi Creo untuk mendapatkan utilitas untuk mentransfer file disimpan dalam format Scitex CT ke sistem Scitex. Scitex CT mendukung format CMYK, RGB, dan gambar grayscale dan tidak mendukung alpha channels.
  16. Portable Bit Map (PBM) format file, juga dikenal sebagai Portable Bitmap Library dan Portable Binary Map, mendukung bitmap monokrom (1 bit per pixel). Format ini dapat digunakan untuk transfer data lossless karena banyak aplikasi yang mendukung format ini. Anda bahkan dapat mengedit atau membuat file tersebut dalam editor teks sederhana.
  17. Portable Network Graphics (PNG) adalah format yang digunakan untuk kompresi lossless dan untuk menampilkan gambar di web. Tidak seperti GIF, PNG mendukung 24-bit dan menghasilkan transparansi gambar latar belakang tanpa tepi bergerigi, namun, beberapa browser web tidak mendukung gambar PNG. format PNG mendukung RGB, Indexed Color, Grayscale, dan gambar mode Bitmap tanpa alpha channel. PNG menjaga transparansi dalam citra grayscale dan RGB.

FORMAT FILE AUDIO
  1. Advance Audio Codec (AAC) adalah sistem lossy compession untuk file audio, dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group (Fraunhofer Institute, Dolby, Sony, Nokia dan AT&T) untuk menggantikan MP3. Ini perluasan dari MPEG-2 standard dan mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan MP3, kompresi yang lebih effisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik dan mendukung audio multichannel.
  2. Audio Interchange File Format (AIFF dan AIFC) merupakan format file yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan platform Unix.
  3. MPEG-1/2 Audio Layer 3 (MP3) adalah format audio yang paling poluler. Menggunakan algoritma audio lossy compression untuk mengurangi ukuran file, sambil memproduksi kembali lagi aslinya. MP3 dikembangkan di German Fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG ( lihat format video ). MP3 mengalami kejayaan pada tahun 1995, dimana semakin banyak file MP3 tersedia di internet dan popularitasnya semakin terdongkrak karena kualitasnya dan kapasitas yang menjadi relatif sangat kecil. Kompresi MP3 dapat dilakukan dengan bit-rate yang beragam. Standar yang baik untuk kualitas audio dan ukuran file adalah 128 Kbps, untuk mendapati kualitas yang mendekati kualitas CD diperlukan bit-rate 192 kbps. Kualitas CD dan MP3 sulit dibedakan pada bit-rate 192 kbps. Pada tahun 2001, MP3 Pro generasi berikutnya diperkenalkan dan menawarkan kualitas suara dan kompresi yang sudah ditingkatkan, namun karena tidak ada decoder MP3Pro gratisan, format yang sebenarnya luar biasanya ini belum dapat menggantikan standar MP3.
  4. Ogg dan Ogg Vorbis : Ogg adalah format multimedia gratisan yang dirancang untuk streaming dan penyimpanan yang effiesien. Format ini dikembangkan oleh Xiph.org Foundation. Begitu pula Vorbis yang merupakan codec audio gratisan. Vorbis biasanya dipasang bersama Ogg, sehingga muncullah yang namanya Ogg Vorbis. Peluncuran format dan codec ini sebenarnya respon atas rencana pemilik MP3 pada tahun 1998 yang hendak mengenakan biaya lisensi untuk format MP3. OggVorbis sangat populer dikalangan open source, karena kualitas dan sifatnya yang gratis. Namun hingga saat ini walaupun gratis, masih sedikit player yang mendukung format ini, salah satu yang terkenal adalah winamp yang ikut mendukung format Ogg Vorbis.
  5. RealAudio adalah codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya dikembangkan untruk transmisi bandwith rendah. Dapat digunakan untuk streaming informasi audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih didownload. RealAudio banyak digunakan oleh statiun radio untuk streaming program-program mereka via internet secara real time. RealNetworks juga menyediakan player software gratisan dan berbayar yang bernama RealPlayer, namun untuk yang gratisan tidak dapat melakukan meyimpan audio stream sebagai file.
  6. WAVE-form (WAV) adalah standar audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, WAV ini adalah format utama untuk menyimpan data audio mentah pada Windows dan menggunakan metode yang sama dengan AIFF Apple untuk menyimpan data. WAV menggunakan teknik pulse-code modulation (PCM) yang tidak dikompres. Dengan cara ini , detil tidak hilang ketika audio analog didigitalkan dan disimpan. Ini membuat format WAV (menggunakan PCM) menjadi pilihan untuk mengedit audio high-fidelity. Akan tetapi untuk keperluan mengoleksi musik, transfer via internet dan memainkan diplayer portable, format ini kurang popular dibandingkan dengan MP3, Ogg Vorbis dan VMA yang dikarenakan ukuran file yang sangat besar.
  7. Windows Media Audio (WMA) adalah codec untuk lossy compression, yang dikembangkan pertama sekali ujua untuk menyaingi MP3 oleh Microsoft. Sementara ini Microsoft memposisikan WMA bersaing dengan AAC yang digunakan pada produk Apple seperti iPod dan  iTunes Music Strore. WMA juga menggunakan sistem Digital Rights Management seperti AAC untuk proteksi penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC atau peranti tertentu. WMA audio stream hampir selalu dengan file ASF. Jika hanya membawa data audio, biasnya file mempunyai ekstensi .WMA. Adapula versi lossless untuk multichannel surround sound dan untuk voice encoding (WMA Voice).

FORMAT FILE VIDEO
  1. 3ivx bukan merupakan format file, tetapi hanya sebuah codec ( seperti Divx, WMV dan Xvid ) yang dikembangkan oleh 3ivx Technologies (www.3ivx.com ).
    Teknologi intinya dioptimasi untuk arsitektur prosesor yang beraneka ragam, termasuk platform yang menyertainya. 3ivx memungkinkan untuk pembuatan stream data MPEG-4 dan MP4 dan dapat juga digunakan untuk membuat steam audio AAC.
    Dengan menggunakan 3ivx dapat menyimpan lebih dari dua jam film sekualitas DVD kedalam CD tunggal, atau men-stream kualitas video sekualitas DVD melalui modem kabel atau modem DSL.
    Untuk membuka file 3ivx, dibutuhkan plug-in untuk Quicktime, untuk video for windows dan untuk Directshow atau 3ivx Decoder.
  2. Advanced Streaming Format / Advanced System Format (ASF) merupakan format yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk audio video digital. Didesain untuk streaming dan membentuk bagian framework Windows Media. ASF dapat menggunakan beraneka ragam codec. Namun dalam prakteknya yang digunakan adalah codec WMV atau WMA yang juga dari Microsoft.
  3. Audio Video Interleaved (AVI) diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 1992 sebagai bagian dari teknologi Video for Windows miliknya. File AVI menyimpan data audio dan video pada struktur interleaved. File ini hanya berupa kontainer- dan data audio video dapat dikompres menggunakan berbagai codec. Kualitas dan kapasitas tergantung pada codec dan secara khusus codec yang digunakan adalah MPEG, Divx atau WMV.
  4. Divx adalah codec, bukan format file. Edisi Divx pertama (3.11 dan sebelumnya) merupakan versi hack dari codecvideo MPEG4 buatan Microsoft. Jeroma Rota pengembang Divx, mendirikan Divx Networks dan membuat Divx 4, versi terbaru dari codec untuk menghindari masalah hak cipta dengan Microsoft. Divx pada saat pembuatan versi 5.2.1 adalah merupakan codec MPEG-4 layer 2. Dikenal dengan tingkat kompresi yang tinggi, sehingga sangat memungkin menggunakan codec tersebut untuk menggandakan film DVD. Satu film DVD umumnya berukuran 5 GB sampai 6 GB, dan Divx mampu mengkompresi hingga menjadi 700 MB, dengan penurunan kualitas yang sangat minim. Dengan demikian film tersebut dapat tertampung dalam sekeping CD. Sejumlah peranti ripping DVD menggunakan codecDivx. Untuk memutar file Divx, dibutuhkan plug-in Divx untuk player software. Versi Divx gratisan termasuk playernya tersedia di www.divx.com dan ini termasuk juga plug-in untuk video editing software.
  5. Motion JPEG (MJPEG) adalah codec video yang mengompres masing-masing frame sebagai JPEG image yang terpisah. Kualitasnya tergantung pada pergerakan di footage. Sebaliknya pada video MPEG, kualitas menurun apabila ada banyak gerakan di footage. Kekurangan dari codec ini adalah ukuran file yang besar.
  6. MPEG adalah format kompresi yang distandarisasi oleh Moving Picture Experts Group (MPEG), yang terbentuk oleh 350 perusahaan dan organisasi.
    Standard-standard tersebut adalah :
    MPEG 1 adalah standard pertama untuk kompresi audio dan video. merupakan standard encode VideoCD dengan resolusi maksimal hanya 352 x 288 pixel, bit-rate tidak dapat dirubah dan kualitas gambar yang kurang baik.Ini juga termasuk format audio MP3.
    MPEG 2 adalah seri standard transport , audio dan video untuk kualitas siaran televisi.
    MPEG 3 dikembangkan untuk high-definiton television (HDTV), tetapi kemudian ditinggalkan karena dianggap MPEG 2 memadai.
    MPEG 4 merupakan pengembangan MPEG 1 mendukung Digital Rights Management (DRM) dan bit-rate encoding rendah, serta menggunakan codec video yang disebut H.264 yang dipandang lebih effisien.
    MPEG 7 adalah sistem formal untuk mendeskripsikan kandungan multimedia.
    MPEG 21 merupakan standard masa depan untuk multimedia.
    Codec MPEG menggunakan lossy compression pada data audio video. Bagian motion video pada standard MPEG-1 didapat dari standard Joint Picture Experts Group (JPEG) untuk lossy compression gambar diam (foto)
    MPEG-1 digunakan pada format VideoCD. Kualitas output dan bit-rate lebih kecil daripada VCR.
    MPEG-2 sama dengan MPEG-1, tetapi juga menyediakan dukungan untuk interlaced video ( seperti pada siaran TV ) dan juga mendukung Transport Stream yang dibuat untuk mentranfer video dan audio digital pada media dan digunakan untuk broadcasting. Standard MPEG-2 saat ini telah ditingkat menjadi standard terbaru untuk transmisi HDTV. Saat ini digunakan untuk SVCD, DVD dengan tingkat bit yang dapat diubah dan memiliki kualitas gambar yang luar biasa. DV Video merupakan subformat khusus dari MPEG-2 dengan tingkat bit yang tetap. Format ini sangat cocok digunakan untuk video editing.
    MPEG-4 berbasis MPEG-1 dan MPEG-2, tetapi ada tambahan fitur seperti dukungan VRML untuk rendering 3D, files komposit berorientasi objek (termasuk audio, video dan virtual reality modelling), dukungan untuk DRM dan berbagai macam interaktivitas . Kontainer untuk kandungan MPEG-4 adalah MP4.
  7. Ogg Media File (OGM) adalah format kontainer untuk audio, video dan subtitle. Sebagaimana AVI, format ini juga mendukung multiple audio track, bahkan dengan format yang berbeda (seperti MP3 dan WAV). OGM juga memungkinkan integrasi audio Ogg Vorbis. Codec video yang sering digunakan dalam files OGM adalah Xvid. Untuk membuka file OGM di windows diperlukan paket software yang disebut Ogg Vorbis Direct Filter dan dapat diperoleh di www.tobias.everwicked.com
  8. Quicktime adalah teknologi multimedia sekaligus format file yang dikembangkan oleh Apple Computer dan pertama sekali diprkenalkan pada tahun 1991. file Quicktime adalah kontainer multimedia yang terbentuk atas satu atau lebih track seperti audio, video, teks atau efek digital. Masing-masing track mengandung media track, baik itu media stream yang telah di encode atau pointer-pointer pada file eksternal. codec yang digunakan untuk compress dan decompress data di Quicktime diantaranya MP3, JPEG, Divx, Cinepak, Sorensen dan bahkan MPEG-2 dan MPEG-4. Oleh sebeb itu, quicktime lebih cocok digunakan untuk aplikasi internet dibandingkan AVI.
  9. RealVideo dan RealMedia adalah codec video yang dikembangkan oleh RealNetworks pada tahun 1997. Berbeda dengan codec video lainnya, RealVideo telah dioptimasi untuk streaming video melalui jaringan IP. Menggunakan PNA Protocol atau Real Time Streaming Protocol. Biasanya berpasangan dengan RealAudio yang dikemas dalam RealMedia. RealNetworks juga menyediakan player yang disebut RealPlayer untuk audio dan video.
  10. Windows Media Video (WMV) adalah bagian dari sistem Windows Media buatan Microsoft. Adalah sebuah codec untuk mengencode film dan mentransform slide show yang berisi format bitmap kedalam video terkompres. WMV sebenarnya adalah versi proprietary dari MPEG-4. Video Stream sering dikombinasikan dengan Audio Stream dalam format WMA, dengan video WMV yang dikemas kedalam kontainer AVI atau ASF.
  11. Matroska adalah format multimedia gratis (open source format). Format ini, dengan ekstensi file dari '. Mkv', didasarkan pada EBML (Extensible Binary Meta Language), yang memungkinkan perubahan harus dilakukan dengan mudah jika perlu, tanpa melanggar mendukung file lama. Inilah sebabnya mengapa dikatakan bahwa "Matroska dirancang dengan masa depan dalam pikiran".
    Matroska bukanlah video codec seperti yang sering berpikir untuk menjadi, tetapi sebuah wadah, atau sebuah amplop yang dapat menampung banyak codec yang berbeda pada waktu yang sama. Sesuai namanya (Rusia boneka berbentuk telur yang terkandung dalam satu sama lain) Matroska dapat berisi video (DivX, Xvid, RV9, dll), suara (MP3, MP2, Ogg, AC3, AAC, DTS, PCM), serta sub judul (SRT, ASS, SSA, USF, dll) di file yang sama. Tujuan pengembangan Matroska adalah untuk memberikan yang fleksibel dan lintas-platform alternatif ke AVI, ASF, MP4, MPG, MOV, dan RM. Fitur utamanya termasuk cepat mencari, pemulihan kesalahan tinggi, modularly diperpanjang, dipilih subjudul dan audio stream, bab entri, menu, dan streamable melalui internet. An example of a Matroska file is a complete video file that includes a video stream and an audio stream, as well as subtitles and a menu system. Contoh sebuah file Matroska file video yang lengkap yang meliputi aliran video dan audio streaming, serta sub judul dan sistem menu.
  12. 3GPP format file (3GP) adalah sebuah multimedia container format yang ditetapkan oleh Third Generation Partnership Project (3GPP) untuk 3G UMTS jasa multimedia. It is used on 3G mobile phones but can also be played on some 2G and 4G phones. Yang digunakan di 3G ponsel, tetapi juga dapat dimainkan pada beberapa 2G dan 4G telepon.
  13. Flash Video adalah sebuah wadah format file yang digunakan untuk mengirim video melalui Internet menggunakan Adobe Flash Player (awalnya diproduksi oleh Macromedia) versi 6-10. Konten video flash juga mungkin tertanam di dalam SWF file. Ada dua format file video yang berbeda didefinisikan oleh Adobe Systems dan didukung dalam Adobe Flash Player: FLV dan F4V. Audio dan video FLV data dalam diencode dalam cara yang sama ketika mereka berada dalam file SWF. Yang terakhir format file F4V didasarkan pada basis ISO format file media dan didukung dimulai dengan Flash Player 9 Update 3.
  14. 3GPP2 format file (3G2) adalah wadah multimedia format yang ditetapkan oleh 3GPP2 untuk 3G CDMA2000 jasa multimedia. Hal ini sangat mirip dengan format 3GP, tapi memiliki beberapa ekstensi dan keterbatasan dibandingkan dengan 3GP.
  15. Video Object (VOB) adalah sebuah format kontainer di DVD-Video media. VOB dapat berisi video, audio, subtitle dan menu isi multiplexing bersama-sama ke dalam bentuk sungai. VOB didasarkan pada aliran program MPEG format, tetapi dengan keterbatasan dan spesifikasi tambahan di sungai swasta. Program MPEG sungai yang memiliki ketentuan-ketentuan non-data standar (seperti yang digunakan dalam file VOB) dalam bentuk jadi swasta yang disebut stream. File VOB yang sangat ketat bagian dari program MPEG standar sungai. Sementara semua file VOB program MPEG stream, tidak semua aliran program MPEG sesuai dengan definisi untuk sebuah file VOB.
  16. SWF (awalnya berdiri untuk "Format Web Kecil" kemudian berubah menjadi "Shockwave Flash" oleh Macromedia, kemudian kembali berubah kembali ke Small Web Format ketika perusahaan memilih untuk memiliki frase "Shockwave" hanya merujuk kepada Direktur, diucapkan swiff atau "swoof" adalah sebagian terbuka repositori untuk multimedia dan terutama untuk vector graphics, berasal dari FutureWave Software dan telah datang di bawah kendali Adobe. Dimaksudkan untuk menjadi cukup kecil untuk dipublikasikan di web, SWF file dapat berisi animasi atau applet dari berbagai tingkat interaktivitas dan fungsi.
    SWF saat ini berfungsi sebagai format yang dominan untuk menampilkan "animasi" vektor grafik di web, jauh melebihi penggunaan W3C standar terbuka SVG, yang telah bertemu dengan masalah-masalah di atas implementasi bersaing. Mungkin juga digunakan untuk program-program, biasanya permainan, menggunakan Actionscript.
Credit: rumahkreasihana.blogspot.com

You Might Also Like

1 comments

  1. Bisa kah design dari adobe illustrator cs6 di export ke PSB format? jika bisa bisa dijelaskan langkahnya?

    Terima kasih

    BalasHapus

Follow me @hanatika @hanatika.jpg @hanatikaofficial