Mantan Pacar Bukan Berarti Musuh

14.56


Photo: pinterest.com

Hati-hati sama mantan pacar Anda!
Yup, kata-kata itu memang pantas untuk diucapkan jika mantan pacar kita orangnya jahat dan kurang ajar. Namanya juga manusia jadi ya mana tahu, di depan bisa bilang A tapi di belakang mungkin ngelakuin B. Jadi, meskipun selama ini kamu ngira udah kenal dia banget tapi belum tentu itu adalah diri dia yang sebenarnya. Banyak pula mereka yang berpacaran lalu menikah dan mengeluhkan bahwa sifat pasangannya berbanding terbalik dengan dulu saat pacaran. Klasik. Itu lah mengapa kalau kamu membaca ini ubahlah mindset kalau pingin nikah tuh harus nyari pacar dulu. Ga gitu. Coba jalan yang lebih disukai sama Allah seperti ta'aruf misalnya. Kalau kalian terlanjur pernah berpacaran maka cukup sekian jangan mengulangi kesalahan lagi.

Mantan pacar?
"Mantan pacar adalah orang yang pernah menemani keseharian kita, menjaga kita, dan selalu memperhatikan kita. Tapi inget, itu dulu.." Di samping adalah tulisan aku tahun 2012 anak SMK yang mungkin masih menerka-nerka apa itu arti cinta. Tapi aku yang sekarang paham bahwa cinta tidak sesederhana itu. Lalu, mantan pacar itu apa? Menurutku ia hanyalah bagian dari masa lalu yang memiliki dua kemungkinan, dia menjauh lalu menghilang entah kemana atau dia masih ada menjadi bagian dari hidup kita hingga saat ini. Itu adalah pilihan, kamu ingin bermusuhan atau menjadikannya teman untuk jadi bahan pembelajaran dari masa lalu.

Kenapa kita harus hati-hati sama mantan pacar kita?
Pertanyaan yang bagus, karena jika kita terlalu banyak mengungkapkan rahasia kepada sang mantan, dia bisa saja menyebarkannya dan membuat derajat Anda jatuh dihadapan orang lain. Kita gak pernah tau siapa dia sebenarnya dan you must remember gak semua orang yang datang ke kehidupan kita dengan niat yang baik.

Bukan suudzon / menuduh hal yang buruk pada si mantan pacar, tapi antisipasi perlu kan?
Maka dari itu cara yang terbaik adalah dengan mencoba agar tidak bermusuhan dengan mantan pacar. Memang kedengarannya sulit dan bahkan tidak mungkin jika hati masih sakit atau jika kita punya rasa dendam padanya. Untuk menjadi teman seperti masa sebelum pacaran mungkin sedikit mustahil jadi bisa dimulai dengan menganggap kalau kita berdamai saja.

Bagaimana cara berteman dengan mantan pacar?
Memang rasanya sulit jika mantan pacar kita orangnya kelihatan masih jengkel atau punya dendam ke kita. Tapi cobalah dengan sebuah senyuman atau ucapan selamat pagi padanya. Nanti juga dia bakal biasa lagi dengan kita (mungkin). Tapi jangan sampai bikin annoying juga ya, pada dasarnya cukup bertingkah laku sewajarnya saja. 

Haruskah kita yang memulai?
Kenapa tidak? Berdamai itu impian semua orang, hanya seorang pengecut yang lari dari ajakan berdamai. Ya sekiranya salinglah memaafkan, hubungan berakhir juga mungkin bukan atas kesalahan satu orang saja bisa jadi kamu juga jadi penyebabnya.

Jika dia tidak menanggapi ajakan berteman kita?
Ya sudah yang penting kita sudah mencoba. Sabar saja, lama kelamaan si mantan pacar juga akan sadar dan biasa lagi dengan kita walaupun itu tidak diungkapkan, tapi di hatinya itu sudah memaafkan kita alias melupakan kita dan masalah di masa lalu (semoga). Udah positive thinking aja jangan sampai overthinking toh dia juga paling udah ga mikirin wkwk.

Kalau si mantan pacar ngajak musuhan gimana?
Menurut aku, biarin ajalah suka-suka sia toh kita bukan siapa-siapanya dia lagi. Yang penting kita sudah memaafkan segala kesalahannya. Kalau sekiranya sampai bener-bener mengganggu coba cari solusinya. Mungkin dengan meminta saran kepada teman atau bahkan kamu yang perlu mengasingkan diri darinya.

Jangan sekali-kali membunyikan genderang perang pada sang mantan, bisa berakibat fatal nantinya. Keep calm guys.

Sudahlah, ikhlaskan dan ambil hikmahnya saja. Berarti dia bukan yang terbaik untuk kita, dia bukan orang yang pantas untuk kita, dan bukan orang yang seperti dia yang kita butuhkan. Dengan berakhirnya hubungan kamu berarti Allah masih sayang sama kamu dan menyelamatkan kamu sekali lagi.

Jangan mendo'akan hal-hal yang buruk terjadi pada mantan pacar, pikirkan Anda tidak ingin kan dido'akan yang jelek-jelek, seperti "Ya Allah bales dia seperti dia nyakitin gue..". Jangan gitu lah, coba do'ain dia yang baik-baik insha Allah doa'nya bakal balik ke kamu juga aamiin...

Jangan juga berharap karma datang pada si mantan pacar, biarkanlah itu urusan Allah sama dia, jangan ikut campur yaaa...


You Might Also Like

0 comments

Follow me @hanatika @hanatika.jpg @hanatikaofficial