Penalaran Induktif

19.51

Tiga macam penalaran induktif:
  1. Generalisasi
    Suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena individual untuk menurunkan suatu kesimpulan yang bersifat umum yang mencakup semua fenomena tadi.
  2. Contoh: Jika dipanaskan, besi memuai. Tembaga juga akan memuai jika dipanaskan. Demikian juga seng dan emas akan memuai jika dipanaskan. Jadi, semua logam akan memuai jika dpanaskan.
  3. Analogi
    Proses penalaran yang bertolak dari dua peristiwa khusus yang mirip satu sama lain kemudian menyimpulkan bahwa apa yang berlaku untuk suatu hal akan berlaku pula untuk hal lain,
  4. Contoh: Alam semesta berjalan dengan sangat teratur seperti halnya dengan mesin, matahari, dan bintang yang berjuta-juta jumlahnya. Roda mesin yang rumit juga berputar. Semua bergerak mengikuti irama tertentu. Tidakah alam yang besar dan rapi sepanjang masa ini pula ada penciptanya? Penciptanya yang Maha Teliti dan Maha Bijaksana.
  5. Kausalitas




  1. Sebab ke akibat
    Hubungan yang bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui, kemudian negara maju menuju kepada suatu kesimpulan sebagai efek atau akibat yang terdekat.


  2. Akibat ke sebab
    Suatu proses berpikir yang induktif juga dengan bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai akibat yang diketahui, kemudian bergerak menuju sebab-sebab yang mungkin telah menimbulkan akibat tadi. 


  3. Akibat ke akibat
    Proses penalaran yang bertolak dari suatu akibat menuju suatu akibat yang lain, tanpa menyebut atau mencari sebab umum yang menimbulkan kedua akibat tadi.
Mau tau tentang Penalaran Deduktif? Klik disini:

You Might Also Like

0 comments

Follow me @hanatika @hanatika.jpg @hanatikaofficial