Pembahasan, Tips, dan Pengalaman Saat Mengikuti SMB Telkom University 2014 + Naskah Ujian Jalur Prestasi Unggulan (JPU)

17.38

Tahun ini aku berhasil menghilangkan rasa penasaranku akan tes masuk perguruan tinggi. Setelah vakum satu tahun lamanya akhirnya Hana bangkit lagi tahun ini, yeah!


Postingan kali ini ditujukan untuk kalian yang akan mengikuti tes SMB Telkom Jalur Prestasi Unggulan (JPU). Jika berhasil lolos tes JPU kita bakalan dijamin seluruh biaya kuliahnya loh alias beasiswa penuh sampai lulus. Siapa yang tidak tertarik? Oh iya Hana bersyukur banget sekarang sudah banyak perguruan yang menyediakan beasiswa untuk siswa pintar dan kurang mampu. Walaupun Hana sempat bingung mau pilih yang mana karena tes beasiswanya banyak yang diadakan di tanggal yang sama misalnya seperti SMB Telkom dan Universitas Bakrie sama-sama diadakan tanggal 27 April 2014. Ya tapi Hana akhirnya memilih ikut tes masuk Telkom University ini hehe.

Kita bahas satu persatu ya tentang SMB Telkom 2014 ini, jangan dilongkap-longkap bacanya barangkali ada info pentingnya, barangkali loh ya hehe.

Kartu Tanda Peserta SMB Telkom 2014


Kartu peserta ini didapatkan setelah mengikuti proses regitrasi dan pembayaran Rp 300.000 melalui Bank Mandiri. Setelah itu kita harus mencetak kartu peserta ini dan menyimpannya dengan baik sebagai bukti keikutsertaan SMB Telkom 2014.

Di kartu peserta ini kita disuruh untuk menempelkan foto asli yang sama dengan file foto di samping yang diupload saat registrasi online jadi saran aku sih jangan pakai foto alay nanti kalo mau nyetak malu hehe.

Di samping foto ada nomor peserta kita yang nanti akan dipakai untuk mengisi kolom nomor peserta di lembar ujian makanya jangan lupa dibawa nih kartu pas ujian.

Ada juga nomor telepon peserta yang terdiri dari nomer telepon rumah dan nomor handphone, nah ini yang aku bingungin jaman sekarang udah banyak yang jarang pakai telepon rumah kan? Hana aja sampai kerepotan mau pakai nomor rumah siapa karena memang sekarang semua udah jadi pengguna handphone dan telepon rumah terabaikan.

Pelaksanaan ujian ini diadakan Minggu, 27 April 2014 buat yang sudah bekerja kan biasanya libur tuh hari minggu jadi pas kan jadwalnya hehe.

Lokasi ujian yang Hana pilih di Telkom PDC Jl. Belitung No. 7 Bandung dapet ruangan 3101 tapi sama panitia SMB Telkom disuruh masuk ruang lain karena hanya ikut sesi 2 dan dipisahkan dengan yang tadi mengikuti sesi 1 dahulu.

Sesi 1: Matematika dan Fisika* (08.00 - 09.30 menyesuaikan WIB)
Sesi 2: TPA dan Bahasa Inggris** (10.00 - 11.30 menyesuaikan WIB)
*). Peserta yang memilih Fakultas Teknik, Akatel Jakarta, dan STT Telematika Purwokerto pada Pilihan 1-7, Wajib mengikuti Sesi 1 dan Sesi 2.
**). Bagi pemilih program studi di Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Ilmu Terapan Telkom University maupun Telkom PDC dan Akpar, hanya mengikuti ujian Sesi 2 saja.
Catatan Tambahan Setelah Sesi 2: Tes Gambar untuk pemilih Program Studi DKV dan soal Tes Potensi Kreatif bagi pemilih Fakultas Industri Kreatif Telkom University.

Karena Hana memilih program studi di Fakultas Industri Kreatif Telkom University hanya mengikuti Sesi 2, Tes Gambar, dan Tes Potensi Kreatif. Kita bisa memilih 7 program studi loh, tapi Hana pilih 4 aja mau ganti tapi kalo udah log out gak bisa lagi huhu.

D-Day

Hana kurang sehat pas hari H-nya nih saran buat kalian yang mau ikutan tes jangan terlalu diforsir ya, tubuh kita juga perlu istirahat jadi pas besoknya hari ujian sekarang jadi gak perlu belajar lagi, refreshing aja~ Biar gak stress mikirin nanti tes nya kayak gimana, tes gambarnya ngapain, tes potensi kreatifnya seperti apa, tenang semua dikupas tuntas sama Hana disini hehe.

Menuju TKP jam 9 nih sempat nyasar juga karena patokannya cuma Taman Lalu Lintas, nyari nomor 7 keliling-keliling berapa kali soalnya nomor rumahnya gak berurutan hadoh. Tapi akhirnya sampai juga di Telkom PDC yang terdiri dari 3 lantai ini btw jadi inget sama SMK tercinta hoho.

TPA dan Bahasa Inggris

Pas jam 10 kita disuruh masuk ke ruangan yang udah disediain panitia, di ruangan itu hanya ada 6 orang. Langsung kita dikasih selembaran LJK hampir sama kok kayak UN bubuledan gening haha. Seperti apa soal-soal yang disajikan dalam tes JPU tahun 2014? TPA dan Bahasa Inggris menyatu di satu naskah ujian hanya 45 nomor saja loh aku kira bakal ratusan hoho. Terdiri dari 25 soal TPA dan 20 soal Bahasa Inggris. Hanya diberi waktu 1 1/2 jam dari jam 10.00 - 11.30 lumayan juga waktunya. Menurut aku soalnya hampir sama kayak SBMPTN cuma dibikin sedikit lebih rumit saja. Untungnya boleh dibawa pulang nih soal buat di share di blog + buat aku belajar juga. Yang mau tau soalnya kayak gimana bisa dilihat hasil scan nya nih, biar lebih jelas klik aja gambarnya lumayan buat belajar hehe. Aku sih dapet kode naskah nomor 22 beda-beda mungkin tiap orangnya ya kayak UN aja gimana. Semoga bermanfaat yaaa~ Ada petunjuk buat ngerjain soalnya juga ko :)


Tes Gambar dan Tes Potensi Kreatif

Sempat shock pas dibilangin kakak panitia kalau waktunya tinggal 10 menit lagi buat ngerjain TPA & Bahasa Inggris soalnya aku lihat yang lain udah sibuk ngegambar sedangkan aku masih ngerjain nih soal duh. Dari 6 orang di ruangan itu cuma 4 orang yang ikut Tes Gambar. Dan akhirnya selesai juga bro, balik halaman jreeeeng mau tau gak disuruh ngapain Tes Gambar dan Tes Potensi Kreatifnya? Kalem kalem kita bahas setajam silet disini wkwk.

Dari Tes Potensi Kreatif dulu ya, disini kita disuruh menyambungkan titik/bentuk yang sudah tersedia di kertas, bebas kita bisa menggambar apa saja dari titik/bentuk itu. Damn it's so fun, seriously haha. Oh iya hanya boleh menggunakan pensil HB dan 2B loh, padahal Hana udah beli 4B sama 6B buat persiapan haha. Gunakan insting kalian sekreatif mungkin disini namanya juga Tes Potensi Kreatif hehe. Tes Potensi Kreatif hanya diberi waktu 10 menit sobat.

Kalau Tes Gambarnya ngapain Han? Tes Gambar ya ngegambar lah tapi dikasih batasan, beda sama Tes Potensi Kreatif tapi sama aja sih waktunya hanya 10 menit. Kalau pas bagian aku sih, kita disuruh menggambar seakan-akan kita itu seekor katak yang sedang berada dikeramaian. Ada 3 pilihan tempat, yaitu: Pasar, Alun-Alun, dan Kebun Binatang. Hayoh kalau disuruh gambar ini mau pilih yang mana?

Buat yang add line Hana cuma buat nanyain tes ini tuh kaya gimana ya itu diatas cuma gambaran aja tes tahun 2014 gak tau buat tahun selanjutnya mah pasti lah soalnya beda lagi. Hana juga spontan ngerjainnya belum tau sama sekali kalau bakal dikasih soal kaya gitu jadi siap-siap aja, Hana cuma bisa ngasih gambaran segitu aja.

Pas udah beres semua langsung dibolehin pulang, alhamdulillah... beres juga tinggal nunggu hasilnya diumumkan 10 hari setelah tes yakni tanggal 7 Mei 2014. Hana sih pasrah aja sama hasilnya, Hana udah berusaha sebaik mungkin tinggal Allah yang mengurus dan memutuskan semuanya. Kata mama, kita harus siap-siap bukan hanya kalau tidak lolos saja tapi juga kalau lolos karena harus siap capek dll. Benar juga mah, harus siap segala untuk kondisi apapun.

Tips: Jangan memaksakan menggunakan style yang bukan diri kita, tunjukin aja diri kamu yang sebenarnya, tidak perlu menjadi orang lain.

Sudah cukup jelas kan? Masih ada pertanyaan? Monggo tulis di kotak komentar :)
FYI, Hana gak lolos tes ini dan sekarang kuliahnya di UPI jurusan Pendidikan Tata Busana, cuma mau share soal-soalnya aja siapa tau bermanfaat, jangan tanya ada soal Fisikanya ga apanya ga cuma segitu soal yang Hana dapat.
PS.: Kalau add line tolong tanyain yang masuk akal aja, Hana bukan panitia atau apa apanya Tel-U :')
Semangat kaliaaaaan semoga lolos yaaaa~

You Might Also Like

61 comments

  1. Foto yang ada di kartu peserta itu siapa ya? Kok cantik banget :D

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Aku lah ka siapa lagi huwahaha

    BalasHapus
  4. thank u infox.. :-) aku lg pngen ikutan tes tahap.duanya nih.... mkasi ya infox :-)

    BalasHapus
  5. mau nanya dong itu yang tes gambar untuk yg milih jurusan dkv aja atau semua kreatif industri? makasih infonya:)))

    BalasHapus
  6. Terima kasih Rosdiana_mawar sudah berkunjung kemari. Sama-sama semoga lulus tesnya ya :)

    BalasHapus
  7. Tes gambar untuk seluruh peserta yang memilih kreatif industri untuk dilihat seberapa tingkat kreatifitasnya. Sama-sama Kani :)

    BalasHapus
  8. makasih infonya.. tpi klo boleh tau berapa standar nilai kelulusan ujian setiap tesnya?

    BalasHapus
  9. @Hamid: sama-sama, untuk standar nilai kelulusan hana kurang tau, bisa di cek di website Tel-U nya langsung :)

    BalasHapus
  10. Maaf kak mau tanya, kalo seandainya keterima lwt JPU, apa bakal dpt ful beasiswa ? lalu apa bdany dengan ujian gelombang I dan II ? Kbtulan sya sdh d trima d telkom s1 tehnik telekomunikasi lwt JPA. Sya pgn nyoba yg JPU. Mhon pnjlasannya kak, makasih:)

    BalasHapus
  11. hehehe . . makasih udah share :D
    nambah2 info ^_^

    BalasHapus
  12. kaka aku mau tanya tanya tentang telkom boleh ?? tapi lewat email aja ya ka :) maaf kalo gak sopan :)
    ini emailku ka sofyilmiana@gmail.com

    BalasHapus
  13. Anggita Zaky, iya kalau lewat JPU pasti dapet full beasiswa sampai lulus.

    Rahayu Dwi Lestari, sama-sama :)

    Sofy Ilmiana, lewat twitter @hanatika_n aja biar cepet gimana? Soalnya aku jarang buka email nih hehe

    BalasHapus
  14. Maaf kak hana, saya tahun 2015 mau coba tes jpu juga nih. boleh minta nomer hp/ line? saya mau tanya-tanya tentang pendaftaran sampe testnya kak. Harap dibalas ya kak, makasih :D

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaykum kak Hana.
    Maaf kak, saya ingin tanya2 lebih dalam tentang telkom. Saat ini saya kelas 3 SMA. Boleh minta nomor kak Hana atau pin BB kak? Makasi sebelumnya Kak. Sangat membantu.

    BalasHapus
  16. Line aja yaaa Line ID: Hanatika_N

    BalasHapus
  17. Kak, aku punya 3 pertanyaan nih.1. Persyaratan lainnya untuk JPU apa lagi? harus ada nilai raport sama rekomendasi sekolah nggak?
    2. Kalau kita di terima lewat JPU, ada biaya yg harus dikeluarin selain biaya pendaftarankah?
    3. Mulai kuliahnya bulan apa?
    4. Seandainya kita lolos seleksi, tapi tidak kita ambil, apa ada sanksi?
    Maaf kebanyakan nanya ya kak. Soalnya aku mau coba ikut JPU tahun ini sebagai antisipasi kalau aku ga keterima di itb

    BalasHapus
  18. Dear Intan,
    1. Persyaratan selengkapnya dapat dilihat di halaman website resminya: smb.telkomuniversity.ac.id
    2. Sepertinya tidak, karena jika lolos tes JPU kita akan mendapatkan beasiswa full sampai lulus.
    3 dan 4. Mohon maaf juga saya kurang tau, saya tidak jadi masuk Telkom University, sekarang saya kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia :)

    BalasHapus
  19. hai hanna... aku mau tanya nih, cara ganti foto di kartu peserta gimana yaa? aku ikut JPA 1 tapi fakultas industri kreatif juga kok.. tau gak gimana caranya, soalnya fotonya kurang resmi gitu.. yaa walaupun gak alay tapi gimana gitu, maaf yaa cerewet.. :D
    minta bantuannya

    BalasHapus
  20. Halo hana, mau tanya, hana kan ambil JPU di tel-u nah kalo lolos otomatis dapet beasiswa full, pernah baca kalo mau mempertahankan beasiswanya itu kudu dapet IPK minimal 3,5 bener gak? Kalo sewaktu" nilai gak mencapai target gimana tuh, apa bakal dicabut beasiswa nya ato gimana?
    Mohon infonya ya, hehehe
    TerimaKasih...

    BalasHapus
  21. Terima kasih. Sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  22. itu soal beneran untuk tahun 2014-2015 yaa kak??

    BalasHapus
  23. aku ikutan tes tahun ini kak, besok tes nya. aku rencananya ambil desain interior tapi aku kurang bisa gambar, itu jadi masalah ga ya kak? tapi niatku kan belajar biar bisa, sempet pesimis nih kak takut ga keterima kalo ada tes gambarnya T-T

    BalasHapus
  24. naskah soalnya cara download gimana kak?

    BalasHapus
  25. terimakasih ,bermanfaat sekali :))

    BalasHapus
  26. halo kak makasih info, aku mau coba jalur reguler tahun ini, sebenernya tesnya itu formalitas aja atau nggak ya, makasih ;))

    BalasHapus
  27. Kak, ada pembahasan soalnya gak ya? Lumayan susah jg ternyata hehe

    BalasHapus
  28. oiya.. itu soalnya setiap tahunnya berubah ka?
    makasih ka infonya

    BalasHapus
  29. Mba Hana kenapa dapet beasiswa ga dimasukin kan udah susah2 masuknya, kenapa malah kuliah di UPI?

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  31. Kak saya mau nanya nih, kalau utk tes gambar suasana itu apa cuma dibatasi utk menggambar hitam-putih doang atau harus menggambar berwarna? Terima kasih kak

    BalasHapus
  32. Makasih ka, bermanfaat bgt blog nya :)

    BalasHapus
  33. Makasih ka, bermanfaat bgt blog nya :)

    BalasHapus
  34. Ka, mau tanya dong, kan aku ikut yg sesi 2 nya aja, tp aku hrs dtng pagi2 kyk yg sesi 1 gk??? Atau langsng deket2 jam utk sesi 2 aja???? Mohon dijawab ka.

    BalasHapus
  35. Ka, mau tanya dong, kan aku ikut yg sesi 2 nya aja, tp aku hrs dtng pagi2 kyk yg sesi 1 gk??? Atau langsng deket2 jam utk sesi 2 aja???? Mohon dijawab ka.

    BalasHapus
  36. Ka SKL di bawa gak saat ujian?

    BalasHapus
  37. kak, ada info nggak tempat jual bukunya yang ada pembahasan dan soal2nya juga? terus menurut kakak soalnya itu lebih susah dari sbmptn atau lebih mudah?

    BalasHapus
  38. kalo yang cbt test nya kira2 gmn? non-teknik

    BalasHapus
  39. kak itu kolom foto kanan harus tempel foto lagi? ukuran brp yaa?

    BalasHapus
  40. Mba minta akun yang bisa dihubungi mau tanya" cara masuk ke telkom

    BalasHapus
  41. Mba minta akun yang bisa dihubungi mau tanya" cara masuk ke telkom

    BalasHapus
  42. Apabila kita ingin merubah lokasi ujian gimana?

    BalasHapus
  43. ka hana kalo cara ganti foto dikartu peserta gimana ya?hehe

    BalasHapus
  44. Kak hana..
    Aku juga ambil desain interior, tp aku ga kurang bisa ngegambar kak?? Gmn tipsnya kak

    BalasHapus
  45. Kak hana..
    Aku juga ambil desain interior, tp aku ga kurang bisa ngegambar kak?? Gmn tipsnya kak

    BalasHapus
  46. Jdi ceritanya Hana lewat gk du Tel u?

    BalasHapus
  47. Terima kasih banyak share nya

    BalasHapus
  48. Terimakasih Mbak Hana, bermaanfaat sekali
    Anak ibu mau mencoba test JPU Telkom U, 2017, dapat gambaran mengenai test ini sangat senang dan memperjelas krn dapat info dr mba Hana yg mengalami langsung.
    Terus lah menulis, sharing dan kreatif.
    Terimakasih..

    BalasHapus
  49. Terimakasih infonya...
    Teruslah menulis, sharing dan kreatif

    BalasHapus
  50. Makasih kak infonya membantu bgt hwhe

    BalasHapus
  51. Makasih kak infonya membantu bgt hwhe

    BalasHapus
  52. Kak punya Soal Tes Matematika dan Fisika nya atau mungkin soal lengkapnya? Boleh donk kirim ke email saya kak mralfurqon@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak, mau minta soal lengkapnya bisa? email : hade4husna@gmail.com

      Hapus
  53. Sma kek psikotes dong kak ngegambar kek gitu

    BalasHapus
  54. Kak mau tanya, apakah ada syarat khusus utk pakaian yg dipakai saat ujian tulis telkom?

    BalasHapus
  55. Kak ada cp ga ya? Mau tanya lbh detail bisa?

    BalasHapus
  56. terimakasih kak, infonya sangat bermanfat :)

    BalasHapus
  57. Kak itu pas foto ukurannya berapa ya?

    BalasHapus
  58. makasih kak soalnyaa

    BalasHapus

Follow me @hanatika @hanatika.jpg @hanatikaofficial