Sidang Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

18.06

Alhamdulillah selama kurang lebih tiga bulan dimulai dari tanggal 2 Januari 2012 sampai dengan tanggal 30 Maret 2012 saya tuntas prakerin di PT. Manajemen Qolbu Television (MQTV). Di sana saya bertugas jadi crew produksinya sampai pernah jadi Asisten Produser (walaupun sedikit kacau :P). Ngomong-ngomong MQTV, saya jadi kangen makanannya nih, soalnya setiap istirahat pasti pada ngabring beli jajanan, apalagi di daerah sana kan terkenal dengan nama "Surganya Jajan". Kangen banget deh sama Mie Ayam Jangkung, Gehu Pedas, Ayam Cibarengkok, Mie Baso Gerlong, Es Krim Goreng, bahkan makanan warteg oh iya sama minuman spesialnya Air Mineral Al Ma'soem yang sehat dan menyegarkan haha. :d
Eh, kok jadi ngomongin makanan ya? *maaf Lanjut :D 


 "Prakerin" adalah salah satu kegiatan yang wajib diikuti semua siswa dan siswi SMK Yapari-Aktripa yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan SMK Yapari-Aktripa Bandung yang terampil, handal, inovatif, mandiri, dan produktif. Dimana dari hasil prakerin tersebut semua siswa dituntut dan diwajibkan membuat laporan atau jurnal untuk diuji pada akhir praktik kerja industri.


"Sidang Prakerin" kedengarannya menyeramkan karena seolah kita telah melakukan kejahatan dan harus mempertanggungjawabkannya. Sebenarnya sidang prakerin adalah kegiatan dimana kita mempresentasikan hasil dari praktik kerja industri kepada penguji dari pihak sekolah dengan tujuan untuk mengetahui sebatas mana ilmu yang kita peroleh dari kegiatan prakerin tersebut. 


Mungkin banyak yang tidak setuju dengan diadakannya sidang semacam ini karena mereka pikir, "sekolah lain aja gak ada sidang-sidangan, lah SMK Yapari-Aktripa kok pake acara sidang segala sih?". Ya memang banyak sekolah yang tidak menggunakan sistem sidang setelah anak didiknya selesai prakerin, tapi SMK Yapari-Aktripa berani selangkah lebih maju untuk menggunakan sistem sidang prakerin ini. Saya setuju dengan diadakannya sidang prakerin, mengapa? Karena jika tidak, kita akan asal-asalan melakukan kegiatan prakerin itu dan wawasan yang kita dapat pun sedikit. Dan apabila kegiatan sidang ditiadakan, sekolah tidak akan mengetahui kemampuan serta ilmu yang didapatkan saat prakerin anak didiknya. Karena adanya sidang prakerin pula, semua anak didik dapat berlomba-lomba menyusun laporan dengan cepat dan serapi mungkin sehingga nilainya pun memuaskan.

Sebelum menuju sidang prakerin, kita diwajibkan menyusun laporan dengan rapi dan terlihat sebagai satu kesatuan berpikir. 
Cover laporan prakerin saya
 Sistematika laporan yang saya susun (benar):

Cover
Lembar Pengesahan Sekolah
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
Bab II Landasan Teori
Bab III Hasil Pembahasan
Bab IV Kesimpulan dan Saran
Daftar Pustaka
Lampiran 
Identitas Penulis

Penulisan laporan harus tertata dengan baik dan benar karena jika tidak harus diulang kembali. Laporan saya kurang lebih ada 75 halaman dan menghabiskan setidaknya 200 lembar kertas karena kesalahan pada urutan laporan yang tidak tersusun rapi (ngeprint lagi, ngeprint lagi >,<(m)). Makanya sebelum diprint, periksa dulu tuh tulisan udah rapi apa belom.

Nih liat teman kita yang lagi serius banget ngerjain laporannya, dia menyadari bahwa ada point yang kurang pada laporannya setelah diperiksa oleh pembimbing.
Acep Roby sedang merevisi laporan prakerin


Setelah laporan beres, buat juga file presentasi agar lebih mudah mempresentasikan hasil kegiatan prakerin. File presentasi dapat dibuat menggunakan software Microsoft PowerPoint dan Adobe Flash. Tadinya saya mau bikin pake software Adobe Flash tapi karena waktunya mepet, yang mudah dan cepat saja ya Microsoft PowerPoint deh (nyari aman).
Slide presentasi saya


Laporan yang telah selesai dan telah diprint wajib ditunjukkan kepada Ketua Jurusan + Pembimbing Prakerin + Guru kita yaitu, Pak Irman Nurhiman agar mendapat bimbingan dan mengetahui apa kekurangan dari laporan yang kita buat. Jika sudah benar akan di ACC untuk dapat mengikuti sidang, jika belum kita harus merevisi dan memperbaikinya lagi dan pastinya ngeprint lagi...

Pak Irman Nurhakim sedang memeriksa hasil laporan anak didiknya


Ini dia Ketua Kelas kita lagi bimbingan sama Pak Irman. Apabila bimbingan tidak dilakukan, kita tidak akan bisa naik ke level berikutnya yaitu mempresentasikan hasil prakerin kita alias sidang.
Rahfi Hamdani sedang bertanya pada Pak Irman Nurhakim


Ketika sudah di ACC untuk sidang, laporan pun dikumpulkan. Untuk presentasi, kita harus mengetahui dan memahami semua isi laporan yang kita buat karena akan diberi pertanyaan oleh penguji.
Laporan prakerin XI Multimedia

Akhirnya pada tanggal 14 dan 15 Juni 2012 sidang prakerin pun dilaksanakan. Kita mempresentasikan hasil kegiatan prakerin kita dengan dibantu oleh seorang operator yang akan membantu menampilkan file presentasi kita melalui projector. Dimulai dari pengucapan salam, pendahuluan, sejarah perusahaan, lalu hasil kegiatan selama prakerin. Terkadang pertanyaan yang dilayangkan penguji pun datang tiba-tiba dan kita harus menjawabnya dengan benar, jika tidak itu akan menjadi PR kita.
Rahfi Hamdani sedang mempresentasikan hasil prakerinnya di PT. Intemedia Data Bisnis

Gugun Rizki Gunawan sedang mempresentasikan hasil prakerinnya di IMTV

Toni Wardana sedang mempresentasikan hasil prakerinnya di Garuda TV

Pada tanggal 14, pengujinya adalah Pak Irman dan pada tanggal 15, pengujinya adalah Pak Awan. Saya sendiri diuji sama Pak Irman, alhamdulillah bukan sama Pak Awan, kalau ngeliat yang diuji sama Pak Awan mukanya pada kebingungan hahaha :D Tuh liat Pak Awan lagi mikir keras buat ngasih pertanyaan untuk peserta sidang.
Pak Awan Saparua sedang mempersiapkan pertanyaan untuk diajukan pada peserta sidang

Susah-susah gampang ya, tapi buat nanti yang ngadepin sidang kayak gini jangan takut ya, percaya deh pasti kamu bisa! Kenapa saya bisa bilang gitu? Karena saya sendiri yang mengalami dan berhasil melewatinya! Alhamdulillah rasanya merdeka kalau udah ngelewatin sidang, soalnya kan sidang salah satu penunjang kenaikan kelas kita.


Semangat ya buat calon peserta sidang prakerin selanjutnya, keep spirit! :D


You Might Also Like

7 comments

  1. terimakasih....
    join back ya...
    http://pagarjiwa.blogspot.com

    BalasHapus
  2. tapi join dulu blog aku yaaa.. ^^

    BalasHapus
  3. aku nya ganteng xD

    BalasHapus
  4. hahaha siapa ini?? siapa dulu yang motonya?? *ancur -_-

    BalasHapus
  5. hmm... tulisan yg bagus,
    daaaan.. hepi ending :(

    BalasHapus
  6. hahaha ada si Pak Awan nya, ampun pak XD

    BalasHapus
  7. http://kurogaze.info/

    BalasHapus

Follow me @hanatika @hanatika.jpg @hanatikaofficial